web widgets

Jumat, 24 Oktober 2014

Pengantar Teknologi Generasi ke III



1)   Perkembangan komputer generasi ke III
Pada generasi ketiga inilah teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi ciri utama karena mulai digunakan pada sebuah perangkat komputer hingga generasi sekarang. Komponen IC berbentuk hybrid atau solid (SLT) dan monolithyc (MST). SLT adalah transistor dan diode diletakkan terpisah dalam satu tempat sedangkan MST adalah elemen transistor, diode, dan resistor diletakkan bersama dalam satu chip. MST lebih kesil tetapi mempunyai kemmapuan lebih besar dibanding SLT.
IC dibuat pertama kali oleh Texas Istruments dan Fairchild Semiconductor pada tahun 1959 yang hanya berisi enam transistor. Bisa kita bandingkan bahwa prosesor saat ini yang kita gunakan telah memiliki jutaan, puluhan, ratusan juta transistor, bahkan telah didesain prosesor dengan miliaran transistor. Sebuah perkembangan yang luar biasa dalam masa kurang dari setengah abad.
2)   Cara kerja Hardware dan Software
Hardware adalah sebuah perangkat yang mendukung perangkat lunak untuk bekerja secara optimal, apabila tidak ada Hardware, maka Software pun akan sia sia. Jadi hardware itu berupa barang fisik yang dapat dilihat dan diraba secara kasar.

Hardware sendiri dapat dibagi menjadi 3 yaitu :
  • Input
  • Output
  • Process
Input yaitu hardware yang berfungsi untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Biasanya bila input dimasukkan maka kita dapat menjalankan sistem di komputer itu seperti kursor melalui input yang dimasukkan.
Contohnya yaitu : mouse, keyboard, trackball dan touchpad

Output yaitu hardware yang berfungsi untuk menghasilkan keluaran data dari suatu komputer baik dalam bentuk visual, audio maupun audio visual.
Contohnya yaitu : speaker, monitor dan printer


Process yaitu hardware yang berfungsi sebagai pemroses dan pengolah data yang nantinya dari data tersebut dapat menghasilkan suatu informasi yang diperlukan. Biasanya process unit yang menjadi satu disebut CPU(Central Processing Unit)
Contohnya yaitu : VGA, motherboard, RAM, ROM dan sound card

Organisasi cara kerja komputer yaitu :
1.   Kita masukkan data dan inputan kita dengan bantuan hardware input
2.   Lalu dari inputan tadi akan diproses dan diolah menjadi data melalui process hardware
3.   Terakhir inputan yang kita masukkan dan sudah berupa data tadi akan ditampilkan baik dalam bentuk visual, audio maupun audio visual melalui hardware output.

Software
Perangkat Lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk  menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.
Perangkat lunak komputer berfungsi untuk :
1.   Mengidentifikasi program
2.   Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol.
3.   Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.

3)   Apa itu Multi Tasking? Jelaskan!
Multitasking dalam dunia komputer berarti melakukan pekerjaan yang berbeda secara realtime dan
bersamaan dalam satu perangkat.
Arti istilah Multitasking dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut
Beberapa program dapat berjalan pada saat yang bersamaan. identik dengan multiprogramming.
Multitasking merupakan suatu modus dari sistem operasi. Terdapat beberapa jenis dari multitasking ini,
yaitu: Sistem Multitasking, Time-Slice Multitasking, Cooperative Multitasking, Cooperarative
Multitasking dan Context Switching.

a.        Sistem multitasking
Sistem Multitasking merupakan sistem yang mampu mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus pada saat yang bersamaan. Arti istilah system dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut Suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
Esensinya sistem terdiri dari:
1. komponen-komponen dalam sistem tersebut, mencakup
- perangkat keras/hardware,
- perangkat lunak/software,
- prosedur-prosedur/procedure,
- perangkat manusia/brainware, dan
- informasi/information itu sendiri;
2.serta fungsi-fungsi teknologi di dalamnya yaitu:
- input,
- proses/process,
- output,
- penyimpanan/storage dan
- komunikasi/communication.
Dalam atribut file istilah ini merupakan bahwa file yang dimaksud merupakan file system atau
merupakan file yang berupa program computer

b.      Time-Slice Multitasking
Arti istilah Time-Slice Multitasking dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut
merupakan salah satu jenis multitasking yang digunakan pada beberapa sistem operasi, terutama pada OS/2, dimana setiap tugas memperoleh perhatian dari Microprocessor berdasarkan pembagian waktu proses. Agar proses dapat dilaksanakan dengan baik, maka sistem tersebut diberi tingkat prioritas atau diproses berdasarkan urutan. Arti istilah operating system dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut yaitu Perangkat lunak sistem yang mengatur dan mengendalikan perangkat keras dan memberikan kemudahan penggunaan komputer ke pemakai. OS ini mengontrol penyimpanan data, input, output dari suatu perangkat ke perangkat lainnya. Dalam saat menjalankan tugasnya OS ini memiliki tugas utamanya (OS Task) dan Sasarannya (OS Target).
Sistem operasi mempunyai dua tugas utama, yaitu :
1. Pengelola seluruh sumber daya sistem komputer (sebagai resource manager).
2. Sistem operasi sebagai penyedia layanan (sebagai extended}}/ngsi:function}}-fungsi yang baru tanpa mengganggu layanan yang dijalankan oleh sistem komp’ style=’color:blue’>virtual machine).

c.       cooperative multitasking
Arti istilah cooperative multitasking dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut
merupakan multitasking yang diterapkan pada Macintosh serta pada banyak sistem operasi terbaru(Microsoft Windows), dimana tugas pada latar belakang (background diberi waktu untuk memproses selama waktu sepi dan tidak banyak digunakan oleh tugas pada latar depan (foreground).

d.      cooperarative multitasking
Arti istilah cooperarative multitasking dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut
Merupakan salah satu type multitasking dimana satu tugas latar belakang atau lebih diberikan waktu pemrosesan selama tugas-tugas latar depan menganggur hanya jika tugas-tugas latar belakang mengijinkannya. Arti istilah pemrosesan dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut yaitu Kegiatan yang melakukan pengolahan suatu data menjadi informasi. Informasi dari beberapa data masukan, dan hasil dari proses tersebut menghasilkan output.

e.    context switching
Arti istilah context switching dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut
alihan switching, merupakan salah satu jenis dari multitasking yang paling sederhana, dimana dua aplikasi dipanggil sekaligus, namun hanya yang menjadi latar depan (foreground) diberikan waktu proses, sedangkan untuk mengaktifkan aplikasi yang lainnya (background) adalah dengan mengaktifkan jendela ke aplikasi yang dimaksud, sehingga menjadi aplikasi foreground.

4)   Apa itu Multiprograming? Jelaskan!
Multiprogramming adalah kegiatan menjalankan beberapa program pada memori pada satu waktu. Untuk meningkatkan keseluruhan kemampuan dari sistem komputer, para developer memperkenalkan konsep multiprogramming. Dengan multiprogramming, beberapa tugas disimpan dalam memori dalam satu waktu; CPU digunakan secara bergantian sehingga menambah utilisasi CPU dan mengurangi total waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

Melayani banyak program yang tidak ada hubungannya satu sama lain dan dijalankan sekaligus dalam satu komputer yang sama. Pelaksanaan instruksi yang diterapkan adalah:
- program dimuat ke dalam memori,
- program dijalankan sampai mengakses perangkat I/O,
- berpindah (switch) ke pekerjaan lain,
- langkah tersebut berulang terus menerus,
- untuk proses perpindahan (switching), dilaksanakan oleh Software

5)   Apa itu Multiprosessing? Jelaskan!
Multiprocessing adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang merujuk kepada kemampuan pemrosesan komputer yang dilakukan secara serentak. Hal ini dimungkinkan dengan menggunakan dua CPU atau lebih dalam sebuah sistem komputer. Istilah ini juga dapat merujuk kepada dukungan sebuah sistem untuk mendukung lebih dari satu prosesor dan mengalokasikan tugas kepada prosesor-prosesor tersebut.

Multiprocessing juga kadang merujuk kepada kemampuan eksekusi terhadap beberapa proses perangkat lunak dalam sebuah sistem secara serentak, jika dibandingkan dengan sebuah proses dalam satu waktu, meski istilah multiprogramming lebih sesuai untuk konsep ini. Multiprocessing sering diimplementasikan dalam perangkat keras (dengan menggunakan beberapa CPU sekaligus), sementara multiprogramming sering digunakan dalam perangkat lunak. Sebuah sistem mungkin dapat memiliki dua kemampuan tersebut, salah satu di antaranya, atau tidak sama sekali.

6)   Apa itu Time Sharing? Jelaskan!
Time sharing juga disebut sebagai Multitasking, dimana pengertian ini bisa disamakan dengan multiprogramming, hanya saja waktu prosesnya dibatasi. Waktu maksimum yang digunakan CPU disebut quantum time. Keuntungan time sharing adalah tingkat kebersamaannya menjadi tinggi. Time sharing memerlukan pengaturan kerja input dan output. Secara normal, CPU sanggup memproses lebih dari satu data dalam setiap detik. Dimana pada saat itu, input dan output device juga harus siap untuk memberikan data ataupun menerima hasil proses secara cepat. Oleh karena itu diperlukan adanya penjadwalan kerja yang baik. Banyak “switched” yang bisa bekerja secara otomatis untuk mengatur semuanya dalam waktu yang bersamaan.


7)   Apa itu Fragmentasi dan Defragmentasi?
Fragmentasi adalah kondisi dimana suatu file yang diletakkan pada media penyimpanan tidak menempati sektor secara berurutan.

Defragmentasi adalah sebuah proses untuk menangani berkas-berkas yang mengalami fragmentasi internal. Sebuah berkas dikatakan terfragmentasi mana kala berkas tersebut tidak menempati ruangan yang saling berdekatan dalam penyimpanan fisik. Fragmentasi dapat menyebabkan subsistem media penyimpanan melakukan operasi pencarian data yang lebih banyak, sehingga dengan kata lain berkas terfragmentasi dapat memperlambat kerja sistem, khususnya pada saat melakukan operasi yang berkaitan dengan media penyimpanan.

8)   Bagaimana Voice Recognition bekerja?
Pengguna mendikte teks ke mikrofon .
Analog-to-digital converter (adc) menerjemahkan gelombang suara menjadi pengukuran digital komputer agar dapat diproses. Pengukuran mencakup lapangan, volume, keheningan, dan phonemes. Phonemes adalah satuan suara seperti aw dan guh.
Software membandingkan pengukuran diucapkan dengan orang-orang dalam database untuk menemukan kecocokan atau daftar hasil yang memungkinkan.
Untuk mempersempit daftar ke bawah, pengguna software ini dengan daftar pilihan atau menggunakan komponen bahasa alami untuk memprediksi paling cocok. Pengguna dapat memperbaiki pilihan yang dibuat oleh perangkat lunak.


9)   Bagaimana Voice Digital Camera bekerja?
Langkah 1: Seorang pengguna mendikte teks ke mikrofon.

Langkah 2: Sebuah converter (ADC) analog-ke-digital menerjemahkan gelombang suara menjadi pengukuran digital komputer. Pengukuran mencakup lapangan, volume, keheningan, dan fonem. Fonem adalah unit suara seperti aw dan guh.

Langkah 3: Software membandingkan pengukuran diucapkan dengan orang-orang dalam database untuk menemukan kecocokan atau daftar hasil yang memungkinkan.

Langkah 4: Untuk mempersempit daftar ke bawah, perangkat lunak menyediakan pengguna dengan daftar pilihan atau menggunakan komponen bahasa alami untuk memprediksi paling cocok. Pengguna dapat memperbaiki setiap pilihan yang dibuat oleh perangkat lunak.

10)                  Apa itu Resolusi pada Kamera Digital?
  Resolusi menunjukkan berapa banyak pixel pada foto yang akan dicetak dalam 1 inci persegi (atau sentimeter persegi) di media cetak seperti kertas. Resolusi tidak ada pengaruhnya apabila foto ditampilkan di media elektronik seperti monitor.

  Foto dengan resolusi tinggi memiliki jumlah pixel yang juga semakin banyak dalam satu inci persegi. Contoh, foto resolusi 72 pixels/inch akan memiliki total 72 buah pixel dalam 1 inci persegi. Apabila resolusi kita rubah menjadi 300 pixel/inch maka sekarang dalam 1 inci persegi total jumlah pixel menjadi semakin banyak yaitu 300 buah. Akibatnya ukuran masing-masing pixel menjadi lebih kecil dari sebelumnya. Dengan demikian istilah resolusi juga menunjukkan ukuran dari pixel, semakin tinggi resolusi semakin kecil ukuran pixel dan sebaliknya semakin rendah resolusi semakin besar ukuran pixelnya.

11)                  Apa itu Resolusi pada CRT?
CRT dapat menggunakan berbagai variasi resolusi tanpa mengalami penurunan kualitas gambar. Sehingga bagi para gamer pas-pasan lebih baik menggunakan CRT karena resolusi game dapat diturunkan tanpa mengorbankan kualitas tampilan.

12)                  Jelaskan alasan mengapa sistem pendukung keputusan terkomputerisasi diperlukan apa itu CRT?
Karena warna lebih akurat dan tajam .Monitor CRT memiliki warna yang akurat atau hampir sama dengan aslinya. Karna alasan ini lah para desainer dan editor foto lebih suka menggunakan CRT dibanding LCD. Selain itu, gradasi warna pada monitor CRT masih lebih baik dibanding LCD.
 Resolusi monitor fleksibel. Monitor CRT dapat menggunakan berbagai variasi resolusi tanpa mengalami penurunan kualitas gambar.

13)                  Bagaimana LCD bekerja?
Monitor LCD (Liquid Crystal Display) menggunakan teknologi yang disebut dengan ‘kristal cair’ sebagai penghasil gambar monitor. Kelebihan monitor LCD adalah minimnya konsumsi energi yang digunakan juga memiliki kontras gambar yang lebih tajam dibandingkan dengan CRT. Pengertian monitor LCD merujuk kepada penggunaan varian pixels (titik warna cahaya) yang tidak memancarkan cahayanya sendiri seperti halnya monitor CRT. Pada teknologi LCD sumber cahaya berasal dari lampu neon berwarna putih yang tersusun secara merata pada bagian belakang susunan pixel (kristal cair) tadi yang jumlahnya mencapai jutaan piksel hingga membentu sebuah gambar. Kutub kristal cair yang dilewati oleh arus listrik akan berubah karena pengaruh polarisasi medan magnetik yang timbul dan oleh karenanya akan hanya membiarkan beberapa warna diteruskan sedangkan warna lainnya tersaring.

14)                  Apa itu TV Interaktif?
TV Interaktif (iTV) adalah televisi yang dapat menerima program siaran (downlink) dan dapat pula mengembalikan informasi ke penyiar televisi (uplink). Sehingga ada interaktif antara penyiar ke penonton dan penonton ke penyiar.

15)                  Sebutkan alat-alat yang digunakan untuk masukan dan keluaran pada komputer !
Alat Input: Keyboard, ROM, Mouse, Scanner, Joystick, Touch Pad, Light Pen, Webcam, Microphone, dll.
Alat Output: Monitor, Printer, Speaker, CPU, Motherboard, RAM, LAN, VGA, Floppy Disk, dll.

16)                  Apa itu Display Device?
Display Device adalah sebuah alat perangkat output untuk menyajikan informasi dalam bentuk visual

17)                  Apa itu WEB CAM?
Webcam (singkatan dari web camera) adalah sebutan bagi kamera
real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses
atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging,
atau aplikasi video call.

18)                  Apa itu Optical Mouse?
Optical Mouse adalah mouse yang menggunakan sensor cahaya serta lampu LED merah di bawahnya sebagai pencahaya. Sensor pada mouse optical mampu menangkap gambar dengan kecepatan 1500 frame per detik sampai 7000 frame per detik. Dengan kecepatan mencapai 45 inci per detik dengan resolusi 2000 count per inci (cpi).

19)                  Apa itu perintah-perintah alternatif pada keyboard?
Tombol tekan perintah alternatif memberi fungsi tambahan keyboard dengan memberikan dua modus perintah baris atas standar bukti kunci bukti kunci F. Tombol tekan F LOCK dan tombol tekan perintah alternatif tersedia pada model-model keyboard tertentu hanya, dan jenis-jenis alternatif perintah yang tersedia tergantung pada keyboard model.

20)                  Apa itu “THE ENERGY STAR PROGRAM” ?
Energy Star merupakan sebuah logo atau label yang bersifat Standar Internasional yang di pasang ataupun di tempelkan pada sebuah produk baik itu produk peralatan utama seperti peralatan elektronik : tv, komputer, leptop, maupun tablet pc dan masih banyak lainyanya selain itu juga logo/label Energy Star juga bisa dipakai dalam peralatan – peralatan kantor, peralatan pencahayaan seperti lampu di perumahan. Label/logo Energy Star dapat ditemukan juga di rumah – rumah baru dan bangunan komersial serta bangunan industri. Namun  sebelum pemasangan logo/ label Energy Star pada produk – produk diatas tadi terlebih dahulu produk – produk tersebut harus melewati tahapan – tahapan yang diprogramkan oleh Enery Star tersebut. Seandainya produk – produk tersebut lolos tahapan – tahapan yang di programkan oleh energy star, maka produk – produk tersebut berhak menempelkan logo/label Energy Star  pada produk – produknya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar